KEMAMPUAN TEKNIS VS KEMAMPUAN LEADERSHIP

Manakah yang lebih penting bagi seorang Pimpinan: Kemampuan Teknis di Bidang Tertentu? Atau Kemampuan Leadership?

*

Beberapa waktu lalu, di sela-sela sharing santai sambil menyeruput secangkir kopi, beberapa rekan saya menceritakan perihal perubahan suasana kerja yang lebih baik dari sebelumnya.

Bagaimana perbedaannya? “Tanya saya.”

Dahulu. Saya pernah memiliki atasan yang sangat menguasai pekerjaan dengan baik. Tapi sayang, Ia kurang concern terhadap para Anggotanya.

Ia sibuk mengerjakan pekerjaan yang banyak ketimbang memberi arahan dan mendelegasikan tugas.

Ia terlena dengan proses kerja yang jadul ketimbang mengakomodir best practice / ide improvement.

Ia sibuk sendiri hingga potensi besar yang dimiliki oleh anggotanya menjadi sia-sia. Tak terarah, berjalan sendiri-sendiri, jenuh, tak berkembang, kurang kepercayaan dan tantangan.

Berbeda dengan Pimpinan saat ini. Baru sekitar 3 Bulan bertugas, Ia mampu membawa perubahan yang baik bagi Team. Ia merubah mindset dari Superman menjadi Superteam.

Meski Ia tak terlalu menguasai bidang kerja karena latar belakang pekerjaan yang berbeda dari sebelumnya, tapi Ia mampu memengaruhi, mengarahkan dan mendelegasikan tugas dengan baik kepada para anggota.

Ia memberi kepercayaan, sehingga anggota Team mendapat kesempatan untuk menggali potensinya.

Ia memberikan tantangan dan apresiasi, sehingga anggota Team terpacu untuk menjalankan tugas dengan baik.

Ia mampu menghadirkan suasana kerja yang lebih baik bagi angota team. Terarah, terstruktur, menyenangkan, penuh kompetitif namun tetap dengan iklim yang positif.

**

Benar apa kata Pepatah Arab: Bahwasanya, “Sekelompok Domba yang di Pimpin oleh Laskar Singa akan menang melawan Sekelompok Singa yang di Pimpin oleh Laskar Domba.” Bahwa keberhasilan dari suatu Team akan sangat dipengaruhi oleh Leadership yang baik.

Tersebab, akan menjadi percuma tatkala sumberdaya yang banyak dan berkualitas tidak di arahkan dan di optimalkan dengan baik.

Lagi-lagi, Leadership selalu memiliki Porsi yang lebih tinggi dari kemampuan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.